Tuesday, October 7, 2014

Segmentasi pasar dan Analisis demografi



 BAB II softskill



A. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
- Pasar lebih mudah dibedakan
- Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
- Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
- Mendesain Produk
- Menganalisis Pasar
- Menemukan Ceruk Peluang (nieche)
- Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
- Menentukan Strategi komunikasi yang efektif dan efisien

Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
1. Geografi
2. Demografi

3. Psikografi
Ciri-ciri psikologis berkenaan dengan inner atau kualitas intrinsic dari consumer individual. Strategi segmentasi konsumen kadang-kadang didasarkan pada variabel psikologis yang spesifik.
Konsumen dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali ini tidaklah cukup. Perusahaan ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon suatu stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui kelas sosial (social class), gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
1.       Dapat diukur
2.       Dapat dicapai
3.       Cukup besar atau cukup menguntungkan
4.       Dapat dibedakan
5.       Dapat dilaksanakan
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
-Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
-Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
 Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
 Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

B. Analisis Demografi
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah.

Analisis yang dilakukan meliputi :
1.       Pertumbuhan populasi dunia
2.       Bauran umur populasi
3.       Etnis dan pasar lain
4.       Kelompok pendidikan
5.       Pola rumah tangga
6.       Pergeseran geografis dalam populasi

Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.
Kesimpulan : Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatu produk tidaklah homogen, akan tetapi pada kenyataannya adalah heterogen.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/segmentasi-pasar-dan-demografi-segmentasi/
http://bertousman.wordpress.com/2011/06/08/analisa-faktor-demografi-lingkungan-pemasaran/

Tuesday, September 30, 2014

TENTANG PERILAKU KONSUMEN :Softskill

Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,penggunaan , serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan ,Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian dan Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
 http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen


Ciri – Ciri Konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

http://ekakeropooh.blogspot.com/2012/10/pengertian-konsumen-ciri-ciri-konsumen.html


 Manfaat Pembelajaran Perilaku Konsumen
Individu dapat mengambil keputusan lebih cermat atas dasar pertimbangan yang matang,sebagai pemasar jelas sangat banyak manfaatnya dalam pasar yang semakin intensif tingkat persaingannya tuntutan konsumen yang semakin tinggi dan sangat ingin diperlakukan secara khusus,pemahaman akan konsumen semakin tinggi.
http://www.slideshare.net/hongland/bab-i-perilaku-konsumen-14946485


Kesimpulan saya perilaku konsumen adalah Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut.

Tuesday, January 7, 2014

KOPERASI

KOPERASI UNIT DESA (KUD)

"ARIS"


Sejarah KUD

KUD Aris Banyumas berdiri pada tahun 1974 tepatnya pada bulan Juli 1974 yang merupakan penggabungan (amalgamasi) dari koperasi-koperasi primer yang ada di dua belas desa di wilayah Kecamatan Banyumas. Aris sendiri merupakan singkatan dari Anggayuh Rakyat Indonesia Sejahtera. Dengan Nomor Badan Hukum 20/BH/PAD/II-15/XI/2006 Tanggal 207-11-2006
Sejak menjadi badan hukum maka KUD Aris resmi menjadi KUD yang terdaftar pada Departemen Koperasi. KUD Aris yang berada di Wilayah Kecamatan Banyumas secara geografis terletak di Desa Kejawar pada km 0.
Dengan perkembangannya yang yang sangat pesat maka pada tanggal 23 September 1980 KUD Aris ditetapkan sebagai KUD model di Wilayah Jawa Tengah. Selanjutnya pada tanggal 29 Oktober 1983 KUD Aris ditetapkan sebagai KUD Andalan dan mendapatkan kesempatan menjalin kerjasama dengan APEGTI BULOG Jawa Tengah.
Pada tanggal 19 Nopember 1986 KUD Aris ditetapkan sebagai KUD yang memiliki Jenis Serba Usaha dengan Klasifikasi A (Baik). Selanjutnya pada tanggal 7 April 1988 KUD Aris mendapatkan sertifikat klasifikasi pada kelas A (sangat baik) dengan nilai 92. Dan pada bulan Desember 1988 KUD Aris dicalonkan sebagai KUD Mandiri. Sejak tahun 1992 KUD Aris merupakan KUD teladan nasional Pada perkembangannya KUD Aris diajukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas diusulkan menjadi KUD teladan nasional untuk tahun 2006.
Selain itu KUD Aris juga menjadi tempat penelitian bagi para mahasiswa perguruan tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas dan juga menjalin kerjasama dengan berbagai sekolah dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri


VISI DAN MISI KUD ARIS BANYUMAS
VISI
Mewujudkan Koperasi Unit Desa ARIS sebagai lembaga usaha yang mandiri, tangguh ,sehat, dan terpercayayang didasarkan pada azas kekeluargaan dan kegotong-royongan dalam rangka mewujudkan rasa tanggung jawab dan kreatifitas untuk mencapai tujuan koperasi serta meningkatkan efisiensi pengelola yang bersifat terbuka.
MISI
1.       Memberikan pelayanan yang prima kepada segenap anggota, calon anggota dan masyarakat.
2.      Menjalankan kegiatan Usaha Koperasi Unit Desa ARIS dengan efektif, efesien dan transparan.
3.      Mensosialisasikan pengelolaan usaha  yang berbasis pada koperasi
4.      Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Koperasi Unit Desa ARIS
5.      Meningkatkan profesionalisme pelayanan yang mudah ,cepat, aman dan terpercaya
6.      Menjadikan Koperasi Unit Desa ARIS kokoh  seta bermanfaat bagi kepentingan anggota,calon anggota,serta Masyarakat pada umumnya dan mewujudkan kesejahteraan anggota


TUJUAN KUD ARIS

  •  Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya
  • Mensukseskan ekonomi kerakyatan dengan meningkatkan produktifitas koperasi yang berkualitas dan berkuantitas secara optimal
  • Membantu pemerintah dalam sektor perekonomian terutama untuk  usaha mikro , kecil dan menengah (UMKM)
  • Membantu pemerintah dalam mengatasi jumlah pengangguran dan  kemiskinan dengan menyediakan lapangan kerja untuk masyarakat
  • Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai soko guru perekonomian nasional

KEANGGOTAAN

Daftar Jumlah Anggota KUD Aris Banyumas
Per 31 Desember 2012

No.
Desa
Tahun 2011
Tahun 2012
Keterangan
L
P
JML
L
P
JML
1.
Sudagaran
39
34
73
43
39
82
Anggota Baru
2.
Kedunguter
11
7
18
11
8
19
AB = 102   org
3.
Danaraja
20
17
37
20
18
38
KL = 10   org
4.
Kejawar
17
115
193
88
163
251
5.
Karangrau
28
54
82
27
56
83

6.
Kedunggede
43
27
70
43
28
71

7.
Pakunden
49
24
73
46
27
73

8.
Kalisube
15
2
17
18
2
20

9.
Dawuhan
19
23
42
19
26
45

10.
Pasinggangan
13
6
19
14
7
21

11.
Binangun
47
6
53
46
8
54

12.
Papringan
22
13
35
22
14
36

13
ALB
6
6
12
8
15
23

Jumlah
390
334
724
405
411
816

AB : ANGGOTA BARU KL : KELUAR


STRUKTUR ORGANISASI

SUMBER: http://kud-aris.com